Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab se-Indonesia yang diberi nama ITHLA belum lama ini menyelenggarakan Kemah Bahasa Arab (KBA) di Institut Agama Islam Negri Purwokerto, selama tiga hari mulai Jum’at-Minggu kemarin (13-15/05). ITHLA merupakan singkatan Itihadut Thalabah Al-Lughah Al-Arabiyyah yang mewadahi forum komunikasi antar mahasiswa bidang Bahasa Arab se Indonesia. Kali ini, acara KBA tersebut diselenggarakan oleh Ithla cabang Jawa Tengah dan DIY.
Pelaksanaan kemah arab cukup meriah karena dihadiri oleh para mahassiwa dari berbagai perguruan tinggi di tanah air meliputi Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati, UIN Wali Songo Semarang, Universitas Negri Semarang (UNNES) Semarang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, IAIN Surakarta, IAIN Salatiga dan tuan rumah IAIN Purwokerto. Dari IPMAFA mengirim delegasi mahasiswa, Farid Rohman Syah dan Abdul Aziz Ihsan yang keduanya mahasiswa aktif di semester enam.
Kemah Arab merupakan forum menjalin komunikasi dan silaturahmi antar mahasiswa bahasa Arab se-Indonesia, sekaligus sebagai agenda bersama dalam melestarikan eksistensi bahasa Arab melalui ajang intelektualitas, kesenian dan kebudayaan antar mahasiswa. Hal itu diperlukan mengingat bahasa Arab saat ini sering dipahami dan dipelajari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia sebagai sarana pendalaman agama saja.
Meriahnya kegiatan tampak dari terselenggaranya berbagai kegiatan seperti sharing kurikulum dan program kerja lembaga kemahasiswaan, seminar, lomba dan terakhir field trip di Kebun Raya Baturaden Jawa Tengah.
Share To:

Post A Comment: