Header Ads

Header Ads

Sejarah PBA

 

SEJARAH BERDIRI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

 

Program studi (prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) merupakan salah satu dari tujuh program studi yang ada di Institut Pesantren Mathaliul Falah Pati. SK Pendirian Program Studi Pendidikan Bahasa Arab diterbitkan seiring dengan SK Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Mathali’ul Falah Pati (Sekarang beralih status menjadi Institut Pesantren Mathali’ul Falah) dengan nomor SK: Dj. I/302/2008. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam nomor: Dj. I/303/2008 pada tanggal 4 Desember 2008 tentang izin operasional penyelenggaraan Program Sarjana Strata 1 (S1) Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab memulai kegiatan pembelajarannya.

Pembukaan Prodi Pendidikan Bahasa Arab pada awal pendirian Institut Pesantren Mathali’ul Falah bukanlah pilihan random tanpa alasan, namun berdasarkan pada beberapa pemikiran dan pertimbangan, atara lain; Pertama, banyaknya Madrasah Aliyah dan pondok pesantren di wilayah Margoyoso pada khususnya dan Jawa Tengah pada umumnya setiap tahunnya menghasilkan lulusan yag memiliki kemampuan bahasa Arab membutuhkan wadah pendidikan lanjutan pasca aliyah yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Kedua, Paradigma masyarakat dan pengelola madrasah yang menganggap bahwa alumni pesantren yang telah menguasai kaidah bahasa Arab dan kitab kuning secara otomatis mampu mengajar bahasa Arab. Padahal seorang pendidik bahasa Arab membutuhkan kompetensi khusus baik dalam penguasaan keterampilan bahasa Arab maupun dalam keterampilan mengajar. Hal ini,  tidak dimiliki oleh semua alumni pondok pesantren. Ketiga, Problematika kompetensi guru bahasa Arab profesional masih menjadi alasan kurang termotivasinya siswa dalam mempelajari bahasa Arab. Keempat, Kebutuhan guru bahasa Arab profesional yang memiliki kualifikasi pendidikan tinggi belum sepenuhnya terpenuhi. Hadirnya Program Studi Pendidikan Bahasa Arab diharapkan mampu memberikan solusi pada problematika diatas dan menjawab peluang kemajuan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia.

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terus berbenah dan melakukan evaluasi agar lulusannya sesuai dengan standar pemerintah dan kebutuhan zaman. Oleh karena itu, Program studi pendidikan bahasa Arab telah diakreditasi sebanyak dua kali oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu pada bulan Juli 2011 dan oktober 2014.

Perkembangan teknologi dan informasi menjadi salah satu pertimbangan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dalam menentukan dan mendesain profil lulusan serta penyusunan kurikulum. Karena eksistensi kesuksesan lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Arab tidak hanya diukur dari seberapa besar mereka memahami dan mendalamai bahasa Arab saja, namun juga ketrampilan mereka mengajarkan bahasa Arab dengan mengikuti kemajuan digital di era ini. Dengan demikian, para lulusan Prodi Pendidikan Bahasa Arab dituntut berpikir kreatif dan inovatif dalam menemukan metode pembelajaran bahasa Arab yang adaptif serta jeli dalam membaca situasi agar dapat mengembangkan keterampilan bahasa Arab sehingga tidak hanya menjadi Pendidik bahasa Arab di sekolah namun di sisi lain juga ikut berpartisipasi dalam mewarnai dunia kerja di era digitalisasi dengan memanfaatkan kemudahan tehnologi.