SEJARAH BERDIRI PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
Program
studi (prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) merupakan salah satu dari tujuh program studi yang ada di Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati. SK Pendirian Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
diterbitkan seiring dengan SK Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Mathali’ul
Falah Pati (Sekarang beralih status menjadi Institut Pesantren Mathali’ul
Falah) dengan nomor SK: Dj.
I/302/2008. Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam nomor: Dj. I/303/2008 pada tanggal 4 Desember 2008 tentang izin operasional penyelenggaraan Program Sarjana Strata 1 (S1)
Pendidikan Bahasa Arab, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab memulai
kegiatan pembelajarannya.
Pembukaan
Prodi Pendidikan Bahasa Arab pada awal pendirian Institut Pesantren Mathali’ul
Falah bukanlah pilihan random tanpa alasan, namun berdasarkan pada beberapa
pemikiran dan pertimbangan, atara lain; Pertama, banyaknya Madrasah
Aliyah dan pondok pesantren di wilayah Margoyoso pada khususnya dan Jawa Tengah
pada umumnya setiap tahunnya menghasilkan lulusan yag memiliki kemampuan bahasa
Arab membutuhkan wadah pendidikan lanjutan pasca aliyah yang sesuai dengan minat
dan bakat mereka. Kedua, Paradigma masyarakat dan pengelola madrasah yang
menganggap bahwa alumni pesantren yang telah menguasai kaidah bahasa Arab dan
kitab kuning secara otomatis mampu mengajar bahasa Arab. Padahal seorang
pendidik bahasa Arab membutuhkan kompetensi khusus baik dalam penguasaan
keterampilan bahasa Arab maupun dalam keterampilan mengajar. Hal ini, tidak dimiliki oleh semua alumni pondok
pesantren. Ketiga, Problematika kompetensi guru bahasa Arab profesional
masih menjadi alasan kurang termotivasinya siswa dalam mempelajari bahasa Arab.
Keempat, Kebutuhan guru bahasa Arab profesional yang memiliki
kualifikasi pendidikan tinggi belum sepenuhnya terpenuhi. Hadirnya Program
Studi Pendidikan Bahasa Arab diharapkan mampu memberikan solusi pada
problematika diatas dan menjawab peluang kemajuan pembelajaran bahasa Arab di
Indonesia.
Program
Studi Pendidikan Bahasa Arab terus berbenah dan melakukan evaluasi agar
lulusannya sesuai dengan standar pemerintah dan kebutuhan zaman. Oleh karena
itu, Program studi pendidikan bahasa Arab telah diakreditasi sebanyak dua kali
oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu pada bulan Juli
2011 dan oktober 2014.
Perkembangan teknologi dan informasi menjadi
salah satu pertimbangan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dalam menentukan
dan mendesain profil lulusan serta penyusunan kurikulum. Karena eksistensi kesuksesan lulusan Prodi Pendidikan
Bahasa Arab tidak hanya diukur dari seberapa besar mereka memahami dan
mendalamai bahasa Arab saja, namun juga ketrampilan mereka mengajarkan bahasa
Arab dengan mengikuti kemajuan digital di era ini. Dengan demikian, para lulusan Prodi Pendidikan
Bahasa Arab dituntut berpikir kreatif dan inovatif dalam menemukan metode
pembelajaran bahasa Arab yang adaptif serta jeli dalam membaca situasi agar
dapat mengembangkan keterampilan bahasa Arab sehingga tidak hanya menjadi
Pendidik bahasa Arab di sekolah namun di sisi lain juga ikut berpartisipasi
dalam mewarnai dunia kerja di era digitalisasi dengan memanfaatkan kemudahan
tehnologi.