Header Ads

Header Ads

Alumni PBA IPMAFA Raih Beasiswa Pelatihan Persiapan Studi Lanjut

 

Muhammad Ulil Albab, Alumni Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) IPMAFA berhasil meraih beasiswa program persiapan studi lanjut dalam program beasiswa pendidikan non-degree. Program ini merupakan salah satu program unggulan Kementerian Agama RI bersama dengan dana abadi pesantren yang diselenggarakan oleh Kemenag RI bersama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kemenkeu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris atau Bahasa Arab, serta kemampuan akademik dalam rangka mempersiapkan peserta, yang merupakan santri, mahasantri, kiai muda, serta pengelola pondok pesantren, untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (S1, S2, dan S3) baik di dalam maupun luar negeri. Kegiatan akan dilakukan secara offline di 12 Perguruan Tinggi Keagamaan (PTKI).

Keberhasilan Ulil Albab ini menunjukkan prestasi akademik dan komitmen dalam bidang studinya yang diakui oleh lembaga pendidikan tinggi nasional. Dengan beasiswa ini, Muhammad Ulil akan melanjutkan pelatihan pendidikan beasiswanya di salah satu Universitas Islam Negri Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) yang dilakukan secara offline, dalam kurun waktu 6 bulan (19 Februari - 16 Agustus 2024) di dalam bidang Pengembangan Bahasa Inggris. Ia menyatakan rasa terima kasihnya kepada Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) dan Pondok Pesantren Mansajul Ulum Pati atas dukungan dan kesempatan yang diberikan, serta berkomitmen akan memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk mengembangkan diri dan berkontribusi pada pembangunan bangsa.

Program beasiswa Persiapan LPDP ini telah lama diakui sebagai salah satu jalur prestisius bagi mahasiswa Indonesia berstatus sebagai Santri yang ingin mengejar Beasiswa pendidikan S2 di luar Negeri ataupun dalam Negeri. Dengan memberikan dukungan finansial dan bimbingan akademik, Beasiswa ini bertujuan untuk menciptakan kader-kader Indonesia yang berkualitas dan berkompeten di berbagai bidang.

Keberhasilan Muhammad Ulil dalam meraih program beasiswa Non-Degree Pemanfaatan Dana Abadi Pesantren ini juga menjadi inspirasi bagi banyak mahasiswa IPMAFA yang bermimpi untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, terutama di luar negeri. Ia berharap bahwa capaiannya dapat memotivasi generasi muda khususnya para santri dan Mahasiswa IPMAFA untuk terus berusaha dan mengukir prestasi, serta memberikan dampak positif bagi pembangunan bangsa di masa depan.

Dengan adanya dukungan dari beasiswa ini, diharapkan semakin banyak mahasiswa IPMAFA yang dapat mewujudkan impian mereka untuk menimba ilmu di perguruan tinggi terkemuka di dunia, sehingga dapat menjadi agen perubahan yang berkontribusi pada kemajuan dan kesejahteraan Indonesia. (Erina, Mahasiswa PBA IPMAFA)