Header Ads

Header Ads

Roudloh Lughawiyah, Metode Menyenangkan untuk Bermain dan Belajar Bahasa Arab


Redaksi IPMAFA – Baru-baru ini Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) mengadakan kegiatan Roudloh Lughawiyah dengan tema “Bermain Bersama Bahasa Arab” di desa Sugihrejo Gabus, Minggu-Selasa (24-26/12/23).

Kegiatan bertajuk taman bahasa ini diinisiasi oleh mahasiswa PBA IPMAFA Semester 5 yang diikuti sebanyak 21 peserta dari berbagai Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) di kecamatan Gabus dan sekitarnya.

Komandan Tingkat (komting) kelas PBA 5, Syamsul Dhuha menuturkan bahwa Roudloh Lughowiyah memiliki tujuan meningkatkan minat peserta didik dalam memelajari Bahasa Arab dengan menghadirkan konsep pendekatan yang berfokus pada kesenangan dalam belajar.

“Peserta diajak untuk bermain sambil belajar bahasa Arab,” imbuhnya

Lebih lanjut, ia menambahkan Roudloh Lughowiyah merupakan ajang bagi mahasiswa PBA 5 unjuk mengaplikasikan ilmu yang selama ini telah diperoleh di kelas.

“Selain pengaplikasian ilmu yang telah kami pelajari di kelas, kegiatan ini menekankan pada aspek bermain dan belajar yang menyenangkan” tutur Syamsul.

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut.

Salah satu peserta Roudloh Lughowiyah, Muhawaroh Adiyah mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat menyenangkan dan berharap tahun depan dapat diselenggarakan Roudloh Lughowiyah lagi.

“Acara yang sangat menarik karena diselingi dengan berbagai permainan yang seru dan menyenangkan, semoga tahun depan ada lagi,” ungkap Muhawaroh.

Hadir dalam acara penutupan Roudloh Lughowiyah, Dr. Sahal Mahfudh, M.Pd. selaku dosen pengampu untuk memberikan sambutan dan Dr. Adil Hasan Toha memberikan mauidhoh hasanah.

Dr. Sahal Mahfudh, M.Pd. menyampaikan bahwa acara yang diselenggarakan oleh mahasiswa PBA 5 ini terbilang sukses.

“Selamat dan berkah untuk teman-teman semua. Insya Allah, Tugas Kuliah yang melimpah berkah dan manfaat fi Khidmatil Ummat, dan berhak untuk mendapatkan nilai A, pungkasnya.(Syamsul/Nis03/Uha01)