Header Ads

Header Ads

Semarakkan Hari Bahasa Arab Sedunia, HMPS PBA IPMAFA Gelar Seminar Internasional

 

Redaksi IPMAFA – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) menggelar Seminar Nasional dalam rangka menyemarakkan Hari Bahasa Arab (HBA) Sedunia, Senin (18/12/2023) di Aula 2 IPMAFA.

Seminar Nasional (Nadwah Ilmiyah) mengusung tema “Melampaui Batas Budaya: Bahasa Arab Sebagai Alat Hubungan Internasional.” yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Program Studi (Prodi) PBA IPMAFA

Selain mahasiswa Prodi PBA, turut diundang instansi-instansi pendidikan eksternal IPMAFA, diantaranya berasal dari Perguruan Islam Mathali'ul Falah yang mendelegasikan siswa Banin dan Banat, Madrasah Aliyah Darun Najah, Madrasah Aliyah Raudhatul Syuban, Madrasah Aliyah Negeri 2 Pati dan berbagai instansi pendidikan lainnya di Pati.

Kegiatan yang dipandu oleh Isna Nur Fadhilah tersebut dimulai pada pukul 08.00 s.d 12.00 WIB, dengan menghadirkan dua narasumber baik dalam (Indonesia) dan luar Negeri (Sudan).

Narasumber yang berasal dari Indonesia yakni Dr. Ali Subhan Lc., MA, sedangkan Prof. Dr. Adil Hasan Thoha Lc, MA dari Sudan.

Dr. Ali Subhan Lc., MA dalam ceramahnya menjelaskan banyak hal dimulai dari sejarah, perkembangan, penyebaran dan kedudukan bahasa Arab sebagai bahasa agama Islam dan ilmu pengetahuan pada zamannya.

“Kedudukan bahasa Arab saat ini sebagai bahasa negara-negara Arab sekaligus bahasa Internasional yang keenam,” jelas narasumber yang sekaligus dosen IPMAFA tersebut.

Sedangkan Prof. Dr. Adil Hasan Thoha Lc, MA, menjelaskan proses masuknya bahasa Arab ke Indonesia, tantangan-tantangan pembelajaran Bahasa Arab dari segi guru dan murid, serta bagaimana cara menciptakan lingkungan berbahasa yang baik untuk pembelajaran bahasa Arab secara ideal.

Lebih lanjut, ketua panitia kegiatan, Fathur Rozak berharap dengan diadakannya seminar Internasional semacam ini dapat menumbuhkan kecintaan pada bahasa Arab dan menjadi motivasi mahasiswa PBA dalam mengembangkan skill berbahasa Arab.

"Harapan kami dengan adanya acara ini  dapat menumbuhkan rasa cinta bahasa Arab pada mahasiswa PBA, dan termotivasi untuk belajar, mengembangkan maharoh kalamnya" pungkasnya. (Nis03/Uha01)