Header Ads

Header Ads

Soft Opening Program Magister Pendidikan Bahasa Arab, Rektor: Kenapa PBA?

 

Redaksi IPMAFA – Program Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) secara resmi dibuka dengan Tasyakuran dan Do’a Bersama pada Rabu, 2/8/2023 di Aula I pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

Dalam sambutannya Rektor IPMAFA KH. Abdul Ghofarrozin, M.Ed mengungkapkan rasa syukurnya karena IPMAFA telah berhasil membuka program baru, yaitu Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Perihal mengapa PBA yang diluncurkan pertama kali, Gus Rozin mengungkapkan salah satu alasannya, yakni PBA merupakan prodi yang paling stabil jumlah mahasiswanya.

“Sekaligus Pendidikan Bahasa Arab menjadi salah satu akar beralih statusnya STAIMAFA ke IPMAFA. Selain itu, kampus ini berasal dari Mathali’ul Falah dan kekhasannya adalah Bahasa Arab,” tuturnya.

Ia menambahkan bahwa IPMAFA adalah satu-satunya kampus swasta di Jawa Tengah yang memiliki Program Studi Pascasarjana PBA. Artinya IPMAFA mempunyai potensi yang besar untuk membuka Program Pasca Sarjana lainnya.

“IPMAFA adalah sumbangsih Mathali’ul Falah untuk dunia pendidikan, sesuai dengan amanat yang dulu tahun pertama, kedua, dan ketiga selalu disampaikan,” tuturnya.

Lebih lanjut Gus Rozin menerangkan bahwa IPMAFA memiliki siklus 7 (tujuh) tahunan dalam perjalanannya. Tujuh tahun pertama STAIMAFA beralih status menjadi IPMAFA, 7 tahun selanjutnya IPMAFA berhasil membuka Program Pasca Sarjana Pendidikan Bahasa Arab. Ia berharap semoga tidak perlu menunggu 7 tahun lagi untuk membuka Program Doktoral.

Tasyakuran yang dikemas dengan format soft opening tersebut dihadiri oleh Civitas Akademika IPMAFA dan juga Perguruan Islam Mathaliul Falah (PIM).

Selain pembukaan program baru, kegiatan ini sekaligus mengenalkan Direktur Utama Program Studi Pasca Sarjana PBA, Dr. KH. Ali Subhan, MA.

“Malam ini sekaligus mengenalkan Direktur Utama Program Studi Pasca Sarjana PBA, merangkap sekaligus Kaprodi Program Studi Pasca Sarjana PBA, yaitu Bapak Dr. Ali Subhan. Kami yakin Bapak Ali adalah orang yang saat ini paling tepat menjadi ketua Program Studi Pasca Sarjana PBA,” ungkap Gus Rozin.

Direktur Perguruan Islam Mathali’ul Falah KH. Ahmad Abbad Nafi’ yang turut hadir mengutarakan rasa bangga dan selamat kepada IPMAFA yang telah berhasil membuka Program Pasca Sarjana PBA.

“Walapun fakultasnya masih sedikit, masih satu prodi yaitu PBA, kami sebagai saudara kandung dari IPMAFA akan selalu mendukung dan mensuport program-program yang ada di IPMAFA. Ini merupakan kunci pembuka dari semakin berkembangnya program studi lain di IPMAFA,” ungkap Gus Abbad.

Gus rozin juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh tamu undangan yang telah hadir, sekaligus memohon do’a semoga segala ikhtiar yang dilakukan IPMAFA di dunia pendidikan menjadi perjalanan yang baik dan sesuai cita-cita para pendiri IPMAFA. (Aen-02/Uha-01)