Header Ads

Header Ads

IPMAFA Launching Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab, Berharap Segera Buka Program Doktoral

 

Redaksi IPMAFA – Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati baru saja menggelar Grand Launching Program Studi (Prodi) Magister (S2) Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Rabu siang (9/8/23).

Grand Launching tersebut merupakan rangkaian peresmian Program Pascasarjana PBA yang sebelumnya telah dilaksanakan soft launching (2/8/2023) dengan mengundang segenap kiai, ulama serta pengasuh pondok pesantren sekitar untuk melaksanakan tasyakuran secara adat.

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 500 Tahun 2023 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab untuk Program Magister pada Institut Pesantren Mathaliul Falah Pati.

Dalam sambutannya Rektor IPMAFA, KH. Abdul Ghofarrozin, M.Ed berharap dapat segera membuka Program Doktoral.

“IPMAFA memiliki siklus 7 (tujuh) tahunan dalam perjalanannya. Tujuh tahun pertama STAIMAFA beralih status menjadi IPMAFA, 7 tahun selanjutnya IPMAFA berhasil membuka Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab. Semoga tidak perlu menunggu 7 tahun lagi untuk membuka Program Doktoral,” ungkap Gus Rozin.

Gus Rozin menambahkan bahwa dalam pengambilan keputusan Prodi Pascasarjana PBA terdapat beberapa pertimbangan, diantaranya mengusung tradisi yang sudah melekat pada Mathali’ul Falah.

“Kita harus mengusung tradisi yang sudah kita miliki sekaligus mengejawantahkan nilai-nilai pesantren dan nilai-nilai Mathali’ul Falah. Pertama melalui S1 dan kedua melalui program magister,” jelas Gus Rozin.

Menurutnya PBA merupakan idealisme pokok dan utama. Sehingga IPMAFA membulatkan tekad memilih PBA menjadi program pascasarjana pertama yang didirikan.

Sejarah mencatat, IPMAFA merupakan perguruan tinggi yang datang dari Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM). PIM dikenal sebagai sekolah Arab dengan pembelajarannya lebih ditekankan pada penggunaan Bahasa Arab.

Pertimbangan lainnya, PBA merupakan satu-satunya prodi yang paling stabil jumlah kelasnya sedari Program S1-nya. Dengan artian dapat dikembangkan secara kontinu di IPMAFA. 

Hadir dalam Grand Launching tersebut Kepala Subdirektorat Pengembangan Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Sekretaris Kopertais Wilayah X Jawa Tengah, Rois Syuriah PBNU, Ketua PC NU Kab. Pati, Para Rektor maupun Pimpinan dari Perguruan Tinggi sahabat.

Kepala Subdirektorat Pengembangan Akademik Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Dr. Abdullah Faqih, MA, M.Ed menyambut baik dengan hadirnya Program Pascasarjana PBA dan berharap dengan adanya program ini IPMAFA mampu menjadi center of excellence.

“Semoga diberikan kelancaran, kemudahan, dan juga bisa menjadi center of excellence dalam bidang Pendidikan Bahasa Arab tidak hanya di Pati, tidak hanya di Jawa Tengah, tidak hanya di Indonesia, tapi juga insya Allah di tingkat internasiona,l mudah-mudahan,” harapnya.

Pada sambutan berikutnya, Sekretaris Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Dr. H. Ruswan, MA turut menyampaikan selamat atas diresmikannya Program Pascasarjana PBA IPMAFA.

“Hari ini kita mendapatkan kabar gembira bahwa di IPMAFA telah dizinkan pendirian Program Studi Pascasarjana PBA, Saya mewakili Koordinator Kopertais mengucapkan selamat, mudah-mudahan berkembang dengan baik, menjadi rujukan pengembangan Bahasa Arab khususnya di Jawa Tengah,” pungkasnya. (Nis-03/Uha-01)