Header Ads

Header Ads

Studi Institusi, Mahasiswa PBA IPMAFA Kunjungi BAZNAS dan KBIHU Al Khidmah Pati

 

Redaksi IPMAFA - Dalam rangka kajian dan studi institusi tentang zakat dan haji, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (Prodi PBA) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) mengadakan kunjungan ke Kantor Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Al-Khidmah di Kabupaten Pati.

Kunjungan yang dilaksanakan pada hari Selasa (27/6/23) kemarin diikuti oleh hampir semua mahasiswa reguler dan ekstensi Prodi PBA semester II.

Acara studi institusi tersebut diadakan sebagai bagian dari rencana pembelajaran mata kuliah Bimbingan Ibadah yang diampu Sahal Mahfud M.Pd, sebagai usaha untuk menambah pemahaman dan wawasan tentang zakat dan haji bagi para mahasiswa bukan hanya dari segi teori saja tetapi juga dari segi praktik dan pelaksanaannya.

"Tujuan lainnya meningkatkan skill berpikir kritis mahasiswa perihal zakat dan haji bukan hanya teori kitab saja, tapi bisa bertanya langsung kepada pihak terkait, supaya lebih paham dalam hal aktualisasinya," tutur salah satu penanggung jawab kegiatan, Syauqi Fittaqi.

Antusias mahasiswa tampak dari ketepatan jadwal pemberangkatan pukul 07.00 WIB. Meraka berangkat bersama-sama menuju kantor BAZNAS guna mengikuti kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB.

Dalam penyampaian materi, Waka II Bidang Distribusi dan Pendayagunaan Zakat BAZNAS H. M. Amari M.Si, memaparkan potensi dan manfaat pendayagunaan zakat untuk kesejahteraan masyarakat Pati. Amari juga menceritakan berbagai hal yang berkaitan dengan zakat, mulai dari pengelolaan dan prosedur penyalurannya oleh BAZNAS hingga berbagai problem kemiskinan yang ada di Pati.

Penyampaian materi di BAZNAS ditutup dengan diskusi dan tanya jawab dengan narasumber dan berakhir Pukul 11.00 WIB. Selepas Dzuhur para peserta langsung menuju KBIHU Al Khidmah untuk melanjutkan studi institusi kedua.

Kegiatan kedua tersebut bertempat di Ponpes dan Panti Asuhan Al Khidmah, Perum Rendole Indah, Desa Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati pada Pukul 13.00 siang.

Narasumber H. Nur Cholis, salah satu pembimbing haji di KBIHU Al Khidmah berbagi pengalamannya selama membimbing jamaah haji sejak 2003.

Nur Cholis juga menjelaskan tata cara melakukan ibadah haji dari manasik sampai ke tanah suci, hingga berbagai masalah dan tantangan yang beliau hadapi selama membimbing jamaah haji.

Lebih lanjut, Nur Cholis juga menjelaskan perbedaan antara Haji dan umrah beserta ketentuan-ketentuannya.

Kegiatan tersebut diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab oleh narasumber sebelum ditutup pada pukul 15.00 sore sesuai rundown acara.

Sebagai penutup, para mahasiswa memberikan kenang-kenangan berupa hadiah dan bingkisan kecil untuk adik-adik di panti.

Tak hanya itu, mahasiswa juga menyempatkan waktunya untuk berbagi pengetahuan belajar Bahasa Arab dalam ice breaking.

Melalui sedikit permainan dan nyanyian lagu anak-anak versi Bahasa Arab, adik-adik di panti dipandu Nova Silmy Azzahroh, Sayyidatik Nur Mufidah dan Nur Afifatul Khusna.

Meskipun awalnya tampak kebingungan karena belum terbiasa dengan lagu-lagu tersebut, mereka tetap antusias dan kompak ketika bernyanyi bersama para mahasiswa PBA IPMAFA.

"Dengan terselenggaranya acara ini, kita berharap kehadiran kita dapat membawa kebahagiaan untuk adik-adik di panti dan memotivasi mereka untuk terus bersemangat dalam menuntut ilmu," tutur Sayyidatik.

Di sisi yang lain, panitia berharap acara ini dapat menginspirasi dan memotivasi mahasiswa IPMAFA khususnya Prodi PBA agar selalu aktif dalam mensyiarkan kegiatan sosial untuk berbagai lapisan masyarakat.

Tak lupa dalam kedua kunjungan tersebut, Sahal Mahfudz mengucapkan terima kasih kepada pihak BAZNAS maupun KBIHU Al Khidmah atas kesediaannya menerima mahasiswa IPMAFA. (Ah. Khabib Mubarok/Uha-01)