Header Ads

Header Ads

Bangun Nalar Kritis Mahasiswa, HMPS PBA Adakan Pelatihan Jurnalistik

Sabtu, 18/03/2023 – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik dengan tema “Peran Jurnalistik dalam Membangun Nalar Kritis Mahasiswa“ yang bertempat di BLK IPMAFA.

Bapak Ratna Andi Irawan, M. Ag selaku narasumber pada kegiatan ini. Beliau merupakan lulusan pertama Prodi Pendidikan Bahasa Arab IPMAFA dan juga beliau dulunya mahasiswa aktif diantaranya beliau pernah menjabat sebagai ketua HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) Pendidikan Bahasa Arab.

Meskipun kegiatan ini diselenggarakan oleh PBA, tetapi kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa lintas prodi. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gebrakan kepada peserta dalam meliput sebuah berita dalam suatu peristiwa.

Kegiatan Pelatihan Jurnalistik diisi dengan berbagai runtutan acara, diantaranya sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dari ketua acara dan dilanjut sambutan dari ketua Kaprodi. “Ambil manfaat dari apa yang beliau sampaikan, sehingga berita tentang IPMAFA dapat terekspos ke social media dan dapat bersaing dengan kampus-kampus lain”. Pesan dari beliau, Ibu Raodah, M.A, selaku Kaprodi PBA.

Selanjutnya disambung dengan penyampaian materi oleh narasumber yang berfokus pada pembuatan berita diantara, pengertian berita, macam-macam berita, Struktur berita, Kelayakan berita, dan juga etika dalam pembuatan berita . “Membangun kultur baru dengan cara membangun sikap kritis tanpa mengurangi nilai shalih akrom, melalui suatu karya/tulisan”. Tutur beliau Bpk. Ratna Andi Irawan, M. Ag.

Praktek dijadikan sebagai penutup di akhir sesi pelatihan ini. Dengan adanya pelatihan ini, Diharapkan mahasiswa dapat aktif dan kritis ketika terdapat sebuah permasalahan, dan dapat meliput setiap kegiatan dalam bentuk sebuah berita.

Red. Vina Nailul Muna