Header Ads

Header Ads

Rihlah PBA IPMAFA, Pijar Park Jadi Tujuannya.


Dawe (19/02/2022), mahasiswa PBA IPMAFA rihlah ke Pijar Park Kudus sebagai penutup kegiatan Al-Mukhoyyam Al-‘Aroby tahun ini. Sebuah wajah baru nan seru karena mukhoyyam tahun-tahun sebelumnya hanya berpusat di lingkungan Ma’had Jami’ah Mathali’ul Falah Pati.

Kegiatan rihlah kali ini disambut hangat oleh mahasiswa PBA dengan rasa antusias dan partisipasi yang cukup tinggi. Di sisi lain sebagai penutup kegiatan mukhoyyam, rihlah tersebut juga dianfaatkan para peserta yang ikut sebagai ajang liburan dan hunting foto, dikarenakan tempatnya yang asri dan penuh dengan view pemandangan alam.

Tidak hanya mahasiswa PBA saja yang ikut serta, tetapi juga didampingi oleh salah satu dosen PBA, Bapak Sahal Mahfudz, M.Pd, beserta keluarga. Rombongan berangkat dari kampus pada jam 09.00 pagi menggunakan 2 mobil travel dan satu mobil kampus untuk Bapak Sahal sekeluarga.

Sesampainya di lokasi rihlah, agenda pertama yang dilakukan adalah outbond/permainan. Para peserta dibagi dalam kelompok secara acak. Kemudian tiap kelompok pergi menuju pos-pos yang telah dijaga oleh panitia guna mengikuti permainan yang telah disiapkan. Para peserta terlihat riang dan ceria, sebuah tanda bahwa mereka sangat menikmati kegiatan satu ini. Agenda kedua, setelah outbond dilanjutkan dengan bersantai dan jalan-jalan bebas menapak setiap sudut tempat rihlah.

Di penghujung rihlah sebelum kembali ke kampus, Bapak Sahal Mahfudz selaku pendamping kegiatan rihlah menyampaikan sedikit sambutan penutup mukhoyyam.

"كن كالمطر. إذا أقبل استبشر به الناس. وإذا وقع نفع. وإذا رحل ترك أثرا نافعا."

Tutur beliau dalam sambutannya yang juga mengakhiri kegiatan mukhoyyam kali ini. Setelah itu rombongan pun bersiap-siap untuk kembali ke kampus.

(Red/Sirril Wafa)