Header Ads

Header Ads

Adakan Kemah ‘Arobiyyah, Cara Asik nan Jitu dalam Mengembangkan Kemampuan Muhadatsah

 


Margoyoso – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati menyelenggarakan kegiatan Al-Mukhoyyam Al-‘Aroby atau bisa disebut dengan Kemah Bahasa Arab.

Bertempat di kampus IPMAFA, kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu-Sabtu, 15-19 Februari 2023. Tujuan utama kegiatan tersebut adalah untuk mengembangkan maharah (kemampuan) berbahasa Arab mahasiswa PBA, khususnya kemampuan kalam/muhadatsah (berbicara) serta untuk memenuhi syarat mendaftar PPL dan munaqosyah skripsi bagi mahasiswa PBA.

Al-Mukhoyyam Al-‘Aroby dikemas seperti kemah pada umumnya, dalam artian peserta diwajibkan menginap di Ma'had Jami'ah Mathali'ul Falah. Peserta berasal dari seluruh mahasiswa PBA dari semester 2 hingga semester 6 baik kelas regular maupun ekstensi.

Selain itu, peserta diwajibkan berbahasa Arab dalam semua kegiatan tanpa terkecuali, dikarenakan semboyan dari Al-Mukhoyyam Al-‘Aroby sendiri adalah “Laisa Al-Kalam illa bi Al-Lughoh Al-‘Arobiyyah”, yang artinya Tiada ucapan kecuali berbahasa Arab.

Di dalamnya terdapat berbagai rangkaian acara yang bisa dibilang sangat padat dari awal pembukaan hingga penghujung akhir kegiatan. Mulai dari penerimaan peserta, pembukaan, sambutan-sambutan, berbagai macam game/permainan, praktek maharah, manaqib, khotmil qur’an, api unggun, seminar, menonton film, bahkan pentas seni hingga rihlah ke Pijar Park Kudus sebagai penutup acara mukhoyyam pada tanggal 19 Februari 2023.

“Untuk acara mukhoyyam yang diadakan oleh kampus ini sangat membantu karena jarang kita menemukan waktu untuk dapat berbahasa arab secara aktif. Kalau ada kegiatan semacam ini kan tidak ada kesungkanan dalam berbahasa arab karena teman-temannya juga berbahasa arab.” Tutur Mohammad Bahrul Ulum, mahasiswa PBA semester 2.

Kegiatan ditutup dengan bersih-bersih seluruh area yang digunakan oleh semua peserta Al-Mukhoyyam Al-Aroby. “Harapannya untuk kegiatan mukhoyyam ini ke depannya bisa diadakan secara rutin setiap tahun, tentunya dengan kegiatan yang lebih bervariasi lagi yang mengikuti era milenial. Jadi, kegiatannya itu tidak membosankan. Saya juga berharap peserta lebih antusias dalam mengikuti kegiatan mukhoyyam ini. Dengan adanya kegiatan mukhoyyam ini bisa memotivasi mahasiswa PBA agar dapat membangun bi’ah lughowiyyah khususnya di PBA IPMAFA. (Ketua HMPS PBA IPMAFA, Rofiatunnikmah)

(Red/Sirril Wafa)