Header Ads

Header Ads

Tingkatkan Kemudahan dan Kemahiran Bahasa Arab, IPMAFA Jalin Kerjasama dengan Saudi Electronic University

 


Redaksi IPMAFA – Institut Pesantren Mathaliul Falah (IPMAFA) Pati Jawa Tengah baru saja melakukan kesepakatan bersama dengan salah satu Universitas Kerajaan Saudi Arabia, Saudi Electronic University (SEU), hari ini, Rabu, 14 Desember 2022 di Gedung Harun Nasution, Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kesepakatan bersama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh Rektor IPMAFA, KH. Abdul Ghafarrozin, M.Ed bersama Rektor SEU Dr. Layla Ahmad As Shofani.

Dalam sambutannya, selaku tuan rumah, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Amany Lubis menyampaikan program kerja sama ini merupakan ijtihad Ittihad Mudarrisi Al Lughah Al Arabiyah (IMLA) untuk meningkatkan kemahiran pengajar Bahasa Arab di seluruh Perguruan Tinggi Islam Negeri maupun Swasta di Indonesia.

“Kerjasama dengan SEU sangat penting dilakukan dan ini merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kemahiran bagi para pengajar Bahasa Arab di perguruan tinggi,” terangnya.

Senada dengan Rektor SEU, Dr. Layla Ahmad As Shofani. Ia menyatakan tujuan kerjasama ini untuk meningkatkan pembelajaran Bahasa Arab di sekolah maupun perguruan tinggi.

“Sehingga pembelajaran Bahasa Arab bisa diakses oleh siapapun dan di manapun melalui website, dan ini gratis tanpa biaya apapun,” terangnya.

Untuk diketahui, Saudi Electronic University merupakan salah satu universitas di Arab Saudi yang memberikan gelar sarjana dan pascasarjana. Didirikan dengan dekrit kerajaan pada 8 Oktober 2011 untuk menyediakan kombinasi pendidikan online dan reguler yang dikenal sebagai blended learning.

Tak hanya dengan SEU, menurut Yudharta kerjasama ini juga dijalin dengan IMLA Indonesia dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Pada kesempatan kali ini Rektor IPMAFA hadir bersama Wakil Rektor 2 Bagian Administrasi dan Keuangan, Dr. Ali Subhan, MA. Hadir pula dalam kegiatan ini 43 PTKIN dan PTKIS negeri. Kegiatan ditutup dengan penyerahan cinderamata dari masing-masing lembaga dan foto bersama.