Header Ads

Header Ads

Peringati Hari Bahasa Arab Internsional, Mahasiswa PBA dibekali Skill Kepenulisan Ilmiah”

 

Oleh: Ibn Taufiq / Media HMPS PBA IPMAFA

Pati, 17/12/2022 – Peringati Hari Bahasa Arab Internasional, panitia HBA mengadakan pelatihan karya tulis ilmiah bagi mahasiswa PBA.  

Hari Bahasa Arab Internasional diperingati setiap tanggal 18 Desember setiap tahunnya. Tak luput dari hari bersejarah ini, mahasiswa PBA IPMAFA memperingati event HBA setiap tahun di bulan desember. Peringatan Hari Bahasa Arab tahun ini bertemakan Pengembangan Skill Berbahasa dengan Membentuk Lingkungan Berbahasa”.

Terdapat banyak rangkaian acara yang diselenggarakan oleh panitia HBA tahun 2022. Seperti diantaranya lomba karya tulis, seminar PKTI, launching buku, launching majalah, dan pentas seni.

"Pelatihan Karya Tulis Ilmiah  merupakan rangkaian acara dalam peringatan Hari Bahasa Arab Internasional, selain  PKTI terdapat berbagai kegiatan dan perlombaan". Tutur Jawahirul Husna, selaku ketua panitia HBA tahun 2022.

Pelatihan KTI sukses dilaksanakan di Masjid Institut Pesantren Mathali’ul Falah pagi tadi (17/12/22) dan diikuti oleh mahasiswa dari semester 1 sampai 7. Kegiatan ini dinarasumberi oleh Bapak. Ahmad Dimyati, M. Ag dan Bapak. Sahal Mahfudz, M. Pd, dan diselenggarakan untuk memberikan pemahaman / soft skill kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab tentang cara pembuatan karya tulis ilmiah.  Selain pelatihan KTI, peserta juga mengikuti pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley yang dipandu oleh Ibu Raodah, M. A. Peserta cukup antusias selama pelatihan berlangsung. Hal ini terlihat dari beberapa peserta yang mengajukan pertanyaan kepada narasumber.