Header Ads

Header Ads

Tingkatkan Potensi Bahasa Arab Siswa MA, PBA IPMAFA adakan Mukhoyyam Aroby Sekabupaten Pati

 


Oleh: Ibn Taufiq / Media HMPS PBA IPMAFA

Pati, 18/11/2022 – Dalam rangka meningkatkan potensi Bahasa Arab di kalangan siswa Aliya, PBA IPMAFA mengadakan Mukhoyyam Aroby  (Kemah Arab) bagi siswa MA di Wilayah Pati.

Mukhoyyam Aroby atau Kemah Arab merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan bi’ah arabiyah (lingkungan berbahasa arab) di kalangan pelajar ataupun generasi muda, sekaligus menitikberatkan pada skill kebahasaaraban dan penggunaan bahasa arab sehari-hari. Sehingga, diharapkan dapat melatih siswa untuk berkreasi dengan menggunakan bahasa Arab.

“Kegiatan ini (Kemah Arab), akan kita laksanakan selama 3 hari kedepan, diharapkan para peserta dapat mengembangkan potensi Bahasa Arabnya” tutur Vina Nailul Muna, sebagai ketua panitia Mukhoyyam Aroby tingkat MA/sederajat tahun ini.

Terdapat berbagai macam kegiatan kebahasaaraban, diantaranya Riyadhah Badaniyah, Riyadhah Lughawiyah, Olimpiade Bahasa Arab, Lailah Tsaqafah dan Seminar-seminar Bahasa Arab. Kemah Arab PBA IPMAFA tingkat Madrasah Aliyah / Sederajat dilaksanakan di lingkungan kampus Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati dan  bertemakan "Eksplorasi Skill Bahasa Arab Untuk Menciptakan Generasi Yang Inovatif".

"Diharapkan musytarikin/at dapat mencintai dan bangga dengan Bahasa Arab, dibuktikan dengan kesungguhan dalam mengikuti kegiatan ini" tutur Ibu Raodah, MA, Kaprodi PBA IPMAFA dalam sambutannya saat pembukaan Mukhoyyam Aroby.

Di akhir sambutannya, beliau memberikan sedikit motivasi kepada para peserta agar tidak takut untuk mempraktekkan Bahasa Arab dalam 3 hari kedepan. Karena Pemberani adalah orang yang mampu melawan ketakutannya.