Header Ads

Header Ads

Beri Ruang Pendidikan Bagi Difabel, PBA 3 B Lakukan Praktikum di SLBN Pati

 


Oleh : Ibn Taufiq/Media HMPS PBA IPMAFA

Pati, 28/10/2022 - Mahasiswa PBA Semester 3 melakukan kuliah praktek di Sekolah Luar Biasa Negeri Pati.

SLBN Pati merupakan lembaga pendidikan yang memfasilitasi peserta didik berkebutuhan khusus untuk mendapatkan hak pendidikan. Hal ini sesuai dengan amanah UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1, bahwa setiap warga Negara Indonesia mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan.

Menyadari hal ini, PBA semester 3 menginisiasi kegiatan praktikum pembelajaran bagi penyandang difabilitas. Kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk implementasi dari ilmu kependidikan, terutama kajian ilmu psikolinguistik. Karena dalam praktikum ini, objek pembelajaran adalah siswa siswa penyandang difabilitas, seperti tuna rungu, tuna netra dan autis. Tentunya dalam menyikapi kondisi siswa seperti ini membutuhkan sebuah strategi dan pengalaman pembelajaran.

"Muhadoroh Tathbiqiyah ini, di samping untuk belajar secara nyata dan menambah pengalaman, juga dilaksanakan dalam rangka untuk mutaba'atun (mengikuti) nabi dalam hal memberikan ruang  pendidikan bagi penyandang disabilitas sebagaimana yang terkandung dalam Surat Abasa ayat 1 - 5". Ujar Bapak Sahal.