Header Ads

Header Ads

Bekali Mahasiswa Keterampilan Mengajar, PBA IPMAFA adakan Praktik Profesi Lapangan

Pati, 30/11/2022 -  Program Studi  Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali'ul Falah (PBA IPMAFA)  Pati menyelenggarakan Praktik Profesi Lapangan (PPL) pada 13 Oktober - 23 November 2022 di beberapa lembaga pendidikan sekabupaten Pati.

Praktik Profesi Lapangan (PPL)  merupakan salah satu rangkaian tugas akhir bagi mahasiswa semester VII  Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali'ul Falah (PBA IPMAFA) Pati.  Kegiatan tersebut terselenggara selama 40 hari mulai dari 10 Oktober - 26 November 2022. 

Setidaknya, terdapat tujuh Madrasah yang menjadi mitra PBA IPMAFA pada kegiatan PPL tahun ini yaitu;  Perguruan Islam Mathali'ul Falah Kajen, MA Salafiyyah Kajen, MA AL-HIKMAH Kajen,  MA Darul Falah Sirahan,  MA Roudhotut  Tholibin Pakis, MA Silahul Ulum Asempapan dan MA Miftahul Huda Tayu. 

Rangkaian kegiatan PPL dimulai dari melakukan observasi di lembaga terkait dan dilanjutkan dengan mengajar  mata pelajaran bahasa Arab sesuai standar yang berlaku. 

Raodah selaku Ketua Prodi PBA IPMAFA menegaskan bahwa tujuan kegiatan PPL adalah untuk membekali mahasiswa  PBA IPMAFA keterampilan mengajar secara langsung, disamping itu juga melatih mereka dalam membuat perangkat pembelajaran mulai dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),  strategi, metode dan media pembelajaran bahasa Arab.  

"PPL ini bertujuan untuk membekali mahasiswa PBA IPMAFA keterampilan mengajar bahasa Arab secara langsung di kelas, selama berlangsungnya PPL mahasiswa dilatih menjadi guru profesional yang mampu membuat RPP  dan berbagai kebutuhan dalam pelaksanaan pembelajaran Bahasa Arab seperti memilih strategi,  metode dan lainnya" ujarnya dalam pembekalan PPL .