Header Ads

Header Ads

Adakan Kemah ‘Arobiyyah, Cara Asik nan Jitu dalam Mengembangkan Kemampuan Muhadatsah

Margoyoso – Qismu Al-Lughoh Al-‘Arobiyyah (Qol’ah) Perguruan Islam Mathali’ul Falah (PIM) Pati berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (HMPS PBA) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati dalam penyelenggaraan kegiatan Al-Mukhoyyam Al-‘Aroby Al-Khorijiy atau bisa disebut dengan Kemah Bahasa Arab Eksternal.

Bertempat di kampus IPMAFA, kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis-Jum'at, 27-28 Oktober 2022. Tujuan utama kegiatan tersebut adalah untuk mengembangkan maharah (kemampuan) berbahasa Arab siswa-siswa PIM, khususnya kemampuan kalam/muhadatsah (berbicara).

Al-Mukhoyyam Al-‘Aroby dikemas seperti kemah pada umumnya, dalam artian peserta diwajibkan menginap di Ma'had Jami'ah Mathali'ul Falah. Peserta berasal dari sebagian siswa PIM tingkat Tsanawiyah dan Aliyah yang totalnya berjumlah 50 orang.

Selain itu, peserta diwajibkan berbahasa Arab dalam semua kegiatan tanpa terkecuali, dikarenakan semboyan dari Al-Mukhoyyam Al-‘Aroby sendiri adalah “Laisa Al-Kalam illa bil Al-Lughoh Al-‘Arobiyyah”, yang artinya Tiada ucapan kecuali menggunakan Bahasa Arab.

Di dalamnya terdapat berbagai rangkaian acara yang bisa dibilang sangat padat dari awal pembukaan hingga penghujung akhir kegiatan. Mulai dari penerimaan peserta, pembukaan, sambutan-sambutan, berbagai macam game, kultum malam, api unggun, seminar, menonton film, bahkan pentas seni hingga penutupan.

Ibu Raodah, MA. selaku Kaprodi PBA IPMAFA dalam sambutannya menyampaikan,

“Berbicaralah (berbahasa Arab), meskipun itu salah. Setelah salah, kamu akan mengetahui mana yang benar. Jika kamu tidak melakukan kesalahan, maka kamu takkan mengetahui mana yang benar. Sekarang ini, kamu masih salah dalam berbahasa Arab, namun hal itu tak menjadi masalah. Setelah mengikuti Al-Mukhoyyam Al-Aroby, kamu akan dapat berbahasa Arab dengan fasih dan baik, InsyaAllah.”

Kegiatan ditutup dengan bersih-bersih seluruh area yang digunakan oleh semua peserta Al-Mukhoyyam Al-Aroby. ”Harapannya ke depan, kegiatan semacam ini dapat menjadi wasilah dalam membumikan Bahasa Arab di lingkup Madrasah dan dapat memotivasi para Pecinta Bahasa Arab dimanapun berada untuk belajar lebih, lagi dan lagi.” ucap Rofiatunnikmah, Ketua HMPS PBA IPMAFA.

(Red/Sirril Wafa)