Header Ads

Header Ads

Respon Implementasi Kurikulum MBKM di Perguruan Tinggi, IPMAFA Hadiri Rapat Perkumpulan Prodi PBA (PPBA) di Ciamis

 

Ciamis – Dilansir dari Website resmi Mendikbud, Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) bertujuan untuk mendorong mahasiswa agar memahami berbagai macam keilmuan yang berguna untuk bekal dalam memasuki dunia kerja. Akan tetapi, dalam pengimplementasian MBKM menimbulkan polemic dan keresahan dibenak praktisi pendidikan perguruan tinggi, tidak terkecuali para Kaprodi (Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Arab).

Dalam rangka merespon keresahan tersebut, tepat pada hari Sabtu, 25 Juni 2022 telah dilaksanakan rapat nasional PPBA (Perkumpulan Prodi Pendidikan Bahasa Arab) yang bertempat di Pondok Pesantren Darussalam Ciamis dan dipimpin langsung oleh ketua PPBA yang  didampingi oleh sekretarisnya, kegiatan ini dihadiri oleh para guru dan dosen bahasa arab Se-Indonesia diantaranya adalah para kaprodi PBA.

Sebagai bentuk respon terhadap keresahan para guru dalam mengimplementasikan kurikulum MBKM di perguruan tinggi, Kampus Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati (IPMAFA)  mendelegasikan Kaprodi PBA untuk turut hadir dan berkontribusi dalam rapat PPBA. Rapat ini menghasilkan sebuah keputusan bahwa pada akhir Agustus 2022 akan diadakan Workshop kurikulum MBKM Program Pendidikan Bahasa Arab Indonesia di kota Malang. (pn/ulil/ed)