Header Ads

Header Ads

Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar, PBA IPMAFA Gelar Focus Group Discussion

 

REDAKSI IPMAFA - Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali'ul Falah (PBA IPMAFA) menggelar Focus Group Discussion dalam penerapan  konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)  pada Selasa (29/3) di Auditorium 2 IPMAFA.

PBA IPMAFA mengadakan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mematangkan konsep MBKM yang tengah diterapkan saat ini. Forum tersebut dihadiri oleh  para pengguna alumni, stake holder, alumni serta mitra yang memiliki jalaninan kerja sama dengan PBA IPMAFA. Diantara beberapa tamu undangan adalah perwakilan KEMENAG Pati, LP Ma'arif PCNU Pati, serta perwakilan Kepala Madrasah se-Kabupaten Pati.

Kepala Program Studi PBA, Raodah, MA, mengatakan penyelenggaraan acara tersebut dimaksudkan untuk  mendapatkan informasi dan masukan tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa atau alumni PBA IPMAFA yang sesuai dengan revolusi industri 4.0, revolusi sosial 5.0  dan kebutuhan pasar kerja.

Beberapa hal yang menjadi catatan penting adalah rekomendasi dari para peserta FGD diantaranya Mahasiswa PBA IPMAFA harus menguasai seluruh maharah (keterampilan Bahasa Arab, terutama maharah kalam (keterampilan berbicara).

Meski demikian, selain kompetensi bahasa Arab dan kependidikan, perlu menambah kompetensi lain seperti penguasaan ilmu keagamaan Islam, kesenian, teknologi.

PBA IPMAFA juga diharapkan mampu menjalin kerjasama dengan pihak pemerintah dalam hal ini  Kemenag serta madrasah-madrasah di sekitar Pati dalam beberapa bidang seperti penelitian, penulisan jurnal, kegiatan Mukhayyam Arobi, dan pengembangan kebahasaaraban di Madrasah.

Raodah juga mengharapkan kegiatan tersebut mampu membantu penyempurnaan MBKM di PBA IPMAFA melalui masukan dari para peserta FGD agar kurikulum baru tersebut dapat meningkatkan kualitas sarjana PBA IPMAFA di masa mendatang. (PBA IPMAFA-Redaksi)