Header Ads

Header Ads

DRAQOR MILENIAL PBA IPMAFA: Sebuah Usaha Menanamkan Cinta Belajar Bahasa

BERITA IPMAFA - Urgensi pembelajaran bahasa asing menjadi hal yang tak dapat dipungkiri di era globalisasi, bahkan dapat dikatakan pula bahwa mempelajari bahasa asing merupakan  sebuah kebutuhan tersendiri bagi para generasi masa kini.

Hal itulah yang kemudian membuat Prodi Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali'ul Falah (PBA IPMAFA) Pati berinisiatif untuk menanamkan semangat cinta belajar bahasa Asing terutama bahasa Arab kepada para generasi milenial sejak dini melalui program-programnya yang inovatif dan edukatif.

Salah satu program dimaksud adalah Aku Cinta Bahasa Arab (ACIBA) yang melibatkan siswa-siswi tingkat Aliyah se-Kabupaten Pati.

Meski pelaksanaanya sempat tertunda akibat pandemi covid 19, namun akhirnya kegiatan ini dapat dilakukan melalui seminar online yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu dengan nama Dauroh Li Qismi Ta'limi Al Lughoh Al Arobiyah untuk Milenial (DRAQOR MILENIAL) pada 16-23/5/2020 lalu.

Acara tersebut sukses terselenggara dalam empat sesi di waktu yang berbeda, dengan narasumber dan tema yang berbeda pula.

Pada sesi pertama (16/5/ 2020), diangkat tema "PSBB" (Pentingnya Siswa Belajar Bahasa) dengan narasumber ibu Nailil Huda, MA yang merupakan Dosen Bahasa Arab di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lanjut sesi kedua (20/5/2020) dengan tema "RAMEN BAKMI" (Cara Mengajar Bahasa Arab kepada Milenial) dengan narasumber ibu Siti Aqmarina Lailani, SPd.I yang merupakan tutor di Markaz Al Arabiyah, Pare Kediri.

Pada sesi ketiga (22/5/ 2020) mengangkat tema "KOVID 20" (Konsep Visi Studimu di Tahun 2020) oleh Narasumber bapak Nashiruddin M.Pd , yang merupakan alumni PBA IPMAFA sekaligus Dosen di IPMAFA.

Nah, pada sesi terakhir (23/5/ 2020) mengangkat tema "GOBLIN" (Ayo Go Belajar Bahasa Internasional) oleh Nadilla Lathifatun Ni'mah yang merupakan Mahasiswa PBA IPMAFA.

Dalam  masing-masing sesi, juga di pandu host-host yang merupakan mahasiswa PBA IPMAFA itu sendiri.

Acara tersebut dilaksanakan secara live di Instagram PBA IPMAFA, serta tayang pula di YouTube HMPS PBA IPMAFA. Dengan demikian, partisipan acara tersebut tidak hanya dari Siswa-siswi MA saja  namun juga meluas ke masyarakat umum termasuk mahasiswa dari kampus lain seperti UNISNU,  UIN MALANG, STAIMS Yogyakarta dan masih banyak lagi. Selain itu, pada akhir acara juga diberikan kuis dengan hadiah-hadiah yang menarik.

Setelah mengikuti acara draqor milenial tersebut, peserta mendapat banyak pengetahuan tentang pentingnya belajar bahasa Arab, cara mudah mempelajarinya dan tentunya hal-hal yang dapat menambah motivasi peserta dalam mempelajari bahasa Arab. Penyelenggaraan acara ini diharapkan dapat menyulut semangat peserta untuk lebih mencintai bahasa Arab, terutama para generasi milenial Indonesia. (Nadilla Lathifatun Ni'mah/Redaksi IPMAFA)