Header Ads

Header Ads

HMPS PBA Semarakkan Hari Bahasa Arab Sedunia



Berita Ipmafa - Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Mathali’ul Falah (Ipmafa)  Pati telah memperingati Hari Bahasa Arab se-dunia dengan tema تنمية الأنشطة اللغوية عند طلبة “Menyemarakkan bahasa Arab dikalangan Mahasiswa”pada Kamis, 19 Desember 2019 lalu.

Acara yang dimeriahkan semua mahasiswa semester satu hingga semester lima tersebut digelar di 2 tempat, yakni Auditorium 2 dan Aquarium Kampus Ipmafa.

Pembukaan acara dilaksanakan pukul 08.00 WIB,  dengan 3 master of ceremony (MC) atau disebut juga denganالجلسة  رئيس. Acara selanjutnya diisi lantunan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh mahasiswa PBA 1 reguler dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars ITHLA’ oleh semua peserta acara.


Beberapa sambutan juga disampaikan mulai dari Rektor Kampus Ipmafa, Dekan Fakultas Tarbiyyah Ipmafa, Kaprodi PBA, Ketua HMPS, dan Ketua Panitia Peringatan Hari Bahasa se-Dunia. Namun, menariknya semua sambutan-sambutan tersebut diisi oleh mahasiswa PBA semester III.

Guna memeriahkan acara, panitia juga menggelar kegiatan nonton film bareng (nobar) dengan berjudul كتاب التّراث “kitab kuning”. Film karya mahasiswa PBA Ipmafa ini pernah memenangkan perlomba flim pendek juara I  parade Bahasa Arab yang di Pekalongan, Jawa Tengah.

Selain nobar, rentetan acara lainnya juga turut memeriahkan suasana seperti debat Bahasa Arab, (المناظرة) oleh PBA III Reguler dengan PBA III Khusus, menyanyikan lagu berbahasa Arab (الغناء) oleh PBA I Khusus dan PBA V Reguler, Seminar  (الندوة)oleh PBA III Khusus dan Reguler, dan Drama  (المسرحية)oleh PBA I Reguler, pidato (الخطابة) oleh PBA III Reguler dan Khusus, dan Drama (المسرحية) oleh PBA III Reguler dan Khusus.



Pelaksanaan acara peringatan hari bahasa Arab se-dunia ini secara tidak langsung menumbuhkan semangat berbahasa Arab dan mengikutsertakan semua mahasiswa untuk berpartisipasi dalam acara ini. Selain itu, acara ini juga dapat menumbuhkan dan meningkatkan kualitas mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. (Nihayatus Shofiyah-PBA III Reguler/Redaksi)