Header Ads

Header Ads

Santri Mahad Kembangkan Diri Melalui Khitobah dan Kreasi



Purworejo- Khitobah dan kreasi santri menjadi dua kegiatan yang dinanti santri Ma’had Jami’ah Mathali’ul Falah setiap bulannya. Kali ini tiba giliran Khitobah oleh beberapa kelompok dari Santri Banat (Santri Putri) untuk ditampilkan (20/12/18). Kelompok ini terdiri dari percampuran semester 1,3, dan 5.
Event untuk berkreasi dan menunjukkan bakat ini digilir setiap malam Jum’at setelah Shalat Jama’ah isya’, satu bulan awal Khitobah dan bulan berikutnya kreasi santri, dan begitu seterusnya.
Acara dipimpin oleh MC dari santri Mahad dengan menggunakan dua bahasa Arab dan Inggris. Khitobah yang disampaikan juga dengan tiga bahasa yakni bahasa Indonesia, Jawa dan Arab.
Khitobah bahasa Indonesia disampaikan oleh mahasiswi semester 1 dengan tema “remaja sebagai penerus bangsa”. Banyak pesan penting yang terkandung dalam khitobah tersebut diantaranya 5 kelemahan yang harus dihindari oleh setiap pemuda yakni lemah harta, lemah fisik, lemah ilmu, lemah semangat hidup, dan lemah akhlaq.
Khitobah kedua dengan bahasa Jawa disampaikan oleh mahasiswi semester 3 bertemakan “Keutamaan Shalawat & Cinta Nabi”. Poin penting yang ada dalam khitobahnya yaitu jika seseorang mencintai Nabi, maka ia akan mewujudkan rasa rindunya dengan banyak bershalawat. Jika seseorang cinta pada Nabi maka tidak akan rugi.  
Kemudian yang terakhir menggunakan bahasa Arab oleh mahasiswi semester 3 tentang keutamaan Shalat, dimana shalat itu merupakan amal yang pertama kali akan ditimbang kelak diakhirat. Jika shalat kita baik maka akan baik pula amal lainnya, karena Shalat adalah cerminan dari amal-amalan seseorang.