Cianjur, Rabu (7/3/18), rombongan dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) Pati melakukan kunjungan resmi di Kampus STAI Imam Syafi’i Cianjur Jawa Barat. Rombongan terdiri Dekan Fakultas Tarbiyah IPMAFA Agus Syakroni MPd, Kaprodi PBA Kadar MA, Dosen PBA Miftahul Munif MA dan Wakil Rektor II Dr Ali Subhan.
Kunjungan IPMAFA ini diterima secara resmi oleh Prof Dr Muhammad Hasan Hitou, Ketua STAI Imam Syafi’i Cianjur. Dalam kunjungan tersebut dilakukan penandatanganan MoU antara STAI Imam Syafi’I dengan IPMAFA tentang Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Administrasi Pendidikan Tinggi. Hal itu sesuai dengan misi PBA IPMAFA  untuk membuka kelas PBA Internasional agar citra bahasa Arab sebagai bahasa Internasional lebih dikenal masyarakat.
Rencananya Prodi PBA IPMAFA merancang kelas khusus berbasis internasional yang diharapkan dalam sistem pembelajarannya bahasa pengantar yang akan digunakan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris.
Studi banding di STAI Imam Syafi’i Cianjur ini karena dalam sekolah tinggi tersebut bahasa Arab dipakai sebagai bahasa pengantar kuliah dan bahasa percakapan sehari-hari dosen dan mahasiswa. Di STAI Imam Syafi’i terdapat enam dosen asing dari negara Mesir, Suriah, Yaman, Irak dan India.
Dalam salah satu poin kesepakatan MoU kedua lembaga tercantum adanya pertukaran dosen dan mahasiswa. Dengan demikian maka dosen asing STAI Imam Syafi’i bisa menjadi dosen terbang dalam kelas Internasional PBA IPMAFA dan mahasiswa PBA IPMAFA yang mengambil kelas Internasional juga dapat mengikuti perkuliahan di STAI Imam Syafii dalam waktu tertentu.
Share To:

Post A Comment: