Pati- Divisi Tarjamah Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) mengadakan pembekalan tarjamah yang diikuti semua mahasiswa PBA dari semester 1 sampai semester 5, Kamis (16/12/2017). Pembekelan ini dinarasumberi oleh  Agus Jauhari Lc M.Pd.I. 

Diadakannya kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi Prodi PBA dan HMPS PBA guna menyiapkan kader-kader penerjemah handal dan profesional.

Dalam pembekalan tersebut, narsumber yang juga dosen di IPMAFA itu menyampaikan bahwa tarjamah merupakan upaya mengalih-bahasakan dari bahasa sumber ke bahasa sasaran. Dalam menerjemahkan itu gampang-gampang susah, karena ada beberapa metode yang harus dipenuhi, serta harus mengira-ngira kepada siapa terjemahan itu akan ditujukan.

Di dalam proses menerjemahkan, mufrodat (Red: kosakat) kaidah nahwu itu tidak dapat dipisahkan. Karena dalam menerjemahkan suatu bacaan, harus terlebih dahulu menguasai mufrodat. Di sisi lain kita juga harus berpegang teguh dan paham pada kaidah nahwunya. Agar suatu bacaan yang kita terjemah menjadi terjemahan yang efektif dan efisien serta memahamkan orang lain saat dipublikasikan.” jelasnya.
Share To:

Post A Comment: