Pati-Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Pesantren Mathali’ul Falah (IPMAFA) turut hadir dalam Muktamar dan Kemah Bahasa Arab Nasional ITHLA. ITHLA merupakan akronim Ittihadu Thalabah Lughoh Arobiyyah yang dikenal dengan Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Se-Indonesia. Muktamar ini digelar di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta selama empat hari mulai 24-27 November 2017 yang kemudian dilanjutkan ke Gedung Asrama Haji Yogyakarta.

Kegiatan ini dihadiri kurang lebih sebanyak 950 mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan Sastra Arab. Dalam kehadirannya, HMPS PBA IPMAFA Pati mengirimkan 9 delegasi yang terdiri dari 4 mahasiswa semester 1, 2 mahasiswa semester 3, dan 3 mahasiswa semester 5. Tidak seperti biasanya kali ini PBA IPMAFA mengirim mahasiswa semester satu untuk mengenalkan kegiatan ITHLA dan juga sebagai bentuk pengkaderan yang dilakukan oleh HMPS PBA IPMAFA.

 Berbagai acara diselenggarakan dalam forum tersebut yang diikuti oleh seluruh peserta. Di antaranya adalah kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Arafah (Asrama Haji Yogyakarta) meliputi lomba Ghina Araby (Nyanyi Bahasa Arab), Debat Bahasa Arab, Insya (Menulis Bahasa Arab) serta bincang-bincang santai seputar sastra Arab dengan admin akun Instagram @sastra.arab Fazabinal Alim hingga menjelang siang yang kemudian dilanjutkan dengan pemutaran layar lebar.

Di sela-sela kegiatan tersebut, 2 mahasiswa dari masing-masing perwakilan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) atau HMPS (Himpunan Mahasiswa Program Studi) mengikuti sidang muktamar yang dilakukan di gedung Muzdalifah Asrama Haji Yogyakarta hingga kemudian terpilih Ketua Umum ITHLA yaitu saudara Ainu Rofiq dari IAIN Kediri dan Ketua DPW 3 (Dewan Perwakilan Wilayah Jateng-DIY) ITHLA yaitu saudara Ahmadun Zubairi dari STAIN Kudus Jawa Tengah.
Share To:

Post A Comment: