Jogjakarta, Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Institut Pesantren Matholi’ul Falah (PBA IPMAFA) Pati mengikuti seminar dan pelantikan DPW III Dewan Perwakilan Wilayah III Persatuan Mahasiswa Bahasa Arab Se-Indonesia (ITHLA), Jum’at (10/2/2017). Seminar tersebut diwakili Ketua dan beberapa pengurus Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab.

Acara yang bertempat di Gedung Teatrikal Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakarta ini diikuti oleh mahasiswa PBA dari berbagai kampus wilayah Jawa Tengah, diantaranya IPMAFA, UNNES, STAIN Kudus, UNSIQ Wonosobo, IAIN Salatiga, IAIN Purwokerto, UIN Walisongo,  dan lain-lain.

Rangkaian acara dibuka dengan pelantikan pengurus DPW III ITHLA dan pengucapan ikrar janji dalam mengemban tugas selama periode 2016-2017 oleh pengurus-pengurus secara khidmat. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan seminar bedah buku “Melejitkan Bahasa Arab Aktif dengan Metode Debat” karya Dr. Ibnu Burdah MA. 

Menurut penulisnya, debat adalah salah satu strategi pembelajaran yang efektif untuk melejitkan kemampuan berbahasa Arab aktif mahasiswa, siswa, maupun santri di pondok pesantren, sekolah, maupun kampus. Selain itu, debat juga membantu pengembangan olah pikir, memperluas wawasan, dan membangun sikap dan argumen yang kuat dan cerdas.

Usai menjalankan sholat ashar dan maghrib, seluruh jajaran pengurus dan sejumlah mahasiswa yang hadir menuju Pendopo LKiS yang tidak jauh dari Kampus UIN Sunan Kalijaga untuk makan malam dan melakukan raker.

Setelah itu, jajaran pengurus dan sejumlah mahasiswa yang hadir diperkenankan istirahat yang kemudian pada esok harinya dilaksanakan rihlah ke beberapa destinasi wisata terdekat.
Share To:

Post A Comment: