Belum lama ini, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Ipmafa kembali menyelenggarakan kegiatan peningkatan skill bahasa Arab yang diberi nama "Mukhoyyam al 'Araby" atau Kemah Bahasa Arab yang ketiga. Kegiatan ini berlangsung pada saat liburan semester gasal 2015 tepatnya pada tanggal 21-26 Februari 2016. Acara mukhayyam secara resmi dibuka oleh Ibu Raodah, MA, dosen Prodi PBA.

Acara yang dimulai pada malam hari ini dihadiri oleh beberapa petinggi Kampus Ipmafa seperti Wakil Rektor II, Dr. Ali Subhan, MA, Umar Farouq, S.I.Kom, pengasuh Ma’had Jami’ah IPMAFA serta semua mahasiswa PBA. Dalam pembukaan dilaksanakan pembacaan ikrar untuk berkomunikasi dengan bahasa Arab selama kemah berlangsung berlangsung.

Kemah Arab merupakan kegiatan rutin tahunan yang diikuti oleh mahasiswa PBA yang pada kali ini diikuti oleh mahasiswa semester 1, 3 dan 5 untuk mempraktekkan dan meningkatkan skill bahasa Arab mereka. Kemah Arab yang berlangsung selama seminggu penuh ini bertempat di Ma’had Jamiah Mathali’ul Falah dan kampus Ipmafa.

Tujuan dari Kemah Arab ini selain untuk melestarikan khazanah keilmuan Bahasa Arab sekaligus mempererat tali silatirahmi antar mahasiswa prodi PBA juga untuk menciptakan lingkungan bahasa Arab terhadap mahasiswa. Selama mengikuti mukhyyam tersebut, mahasiswa dilatih membiasakan komunikasi berbahasa Arab dalam percakapan mereka sehari-hari.


Selama mukhayyam, kegiatan yang diselenggarakan berfariasi meliputi seminar maharah istima’ atau keterampilan mendengarkan, maharah kalam atau keterampilan berbicaca, lomba debat bahasa Arab, Seminar tentang “Tips-Tips Menjadi Guru yang Sukses”, dan sejumlah kegiatan lain selama beraktivitas dalam kemah tersebut.
Share To:

Post A Comment: