Purworejo - Badan Eksekutif Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab (Bempro PBA) Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati (Ipmafa) kembali mengadakan kegiatan untuk menunjuang kualitas keilmuan mahasiswa dengan hal skill mengajar. Seminar mengangkat tema tema “Menjadi Guru Inspiratif Untuk Mewujudkan Siswa Responsif”.

Seminar yang yang bertempat di auditorium Ipmafa ini dihadiri oleh mahasiswa prodi PBA dan beberapa delegasi dari Prodi PGRA dan PGMI. Sebagai narasumber adalah Faiz Aminuddin, MA, dosen lulusan UGM yang ahli dalam psikologi.

Dalam paparannya, Faiz menyampaikan bahwa para siswa sekarang sudah memasuki era stress kolektif dimana tingkat perhatian siswa terhadap pelajaran mulai menurun karena mereka terbiasa dihadapkan pada modernitas kehidupan dan teknologi yang canggih. “Guru guru dituntut untuk memiliki karakteristik dalam pengajarannya sehingga siswa tidak bosan dan jenuh serta selalu aktif dalam mengikuti pelajaran”, tutur Faiz.

Narasumber yang juga ahli dalam bimbingan dan konseling ini menjelaskan bahwa guru hendaknya memperhatikan tingkat psikologis setiap siswa. Hal ini sangat berkaitan dengan cara pembelajaran yang sesuai sehingga dapat memberikan inovasi baru dalam penyajian materi pelajaran.

Seminar
berjalan santai yang diselingi dengan canda oleh narasumber sehingga menjadikan suasana seminar lebih interaktif. Dengan seminar diharapkan dapat membekali mahasiswa menjadi guru inspiratif di masa depan sehingga para siswa menjadi lebih responsif dalam pembelajaran.
Share To:

Post A Comment: