Sabtu, 07 September 2014 kemarin merupakan salah satu hari penting bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Pasalnya, pada hari itu diselenggarakan acara workshop kurikulum 2013 yang ditujukan bagi seluruh mahasiswa PBA, khususnya mahasiswa yang sudah masuk ke semester tujuh dan lima yang sebentar lagi akan melakukan praktek profesi lapangan (PPL) di sekolah-sekolah.
Acara ini menjadi penting karena pemerintah telah memberlakukan kurikulum 2013 sebagai kerangka acuan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. “Sebagai calon pengajar profesional maka mahasiswa dirasa butuh untuk memahami bagaimana cara menerapkan kurikulum ini di sekolah dalam kegiatan belajar mengajar mereka, agar nantinya proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan sukses…”, begitulah isi sambutan bapak Ali Subhan, MA selaku kaprodi pendidikan bahasa arab.
Acara yang dimulai pukul 08.00 sampai 13.00 ini diselenggarakan di auditorium STAI mathali’ul falah dengan turut mengundang DPL (dewan pembimbing lapangan), yaitu dosen koordinator mahasiswa ketika melakukan PPL agar nantinya juga dapat ikut membimbing mahasiswanya. Duduk sebagai narasumber adalah bapak DR. Abdul Karim, M. Pd, pakar pendidikan yang sudah berpengalaman di bidangnya (sosialisasi kurikulum 2013). Dalam penjelasannya, beliau memberikan kisi-kisi mengenai mindset adanya kurikulum 2013, yaitu arah pembelajaran yang dahulunya teacher centered berubah menjadi student centered dalam artian, siapa saja bisa jadi guru, siapa saja bisa jadi murid, dan di mana saja dapat menjadi kelas serta bagaimana bisa meningkatkan soft skill peserta didik.
Salah satu hal yang dibutuhkan oleh pendidik untuk menerapkan kurikulum tersebut adalah kreatifitas tinggi, bagaimana memanfaatkan segala hal yang ada di lingkungan sekitar dan bagaimana meningkatkan keaktifan peserta didik agar mampu mencapai kompetensi diri mereka masing-masing. Secara sekilas, tampak bukanlah hal yang sederhana akan tetapi dengan mempersiapkannya dengan baik dan dengan bekal pemahaman mencukupi maka penerapannya akan lebih mudah dan terarah. oleh karenanya, sebelum memulai pembelajaran, pendidik hendaknya memiliki persiapan cukup agar nantinya bisa menguasai dan mengarahkan peserta didiknya.
Sebelum acara ditutup, peserta disuguhi dengan contoh dari video penerapan kurikulum 2013 oleh narasumber yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Acara ini akan dilanjutkan minggu depan dengan agenda simulasi pembuatan rencana proses pembelajaran (RPP) berdasarkan kurikulum 2013.
Kontributor : Kartini
Share To:

Post A Comment: