Sudah menjadi kewajiban bagi progam studi Pendidikan Bahasa Arab untuk turut serta dalam mengembangkan skill ke-bahasa Araban mahasiswanya. Kegiatan ini terealisasikan dalam lomba mumarosah Bahasa Arab yang terlaksana pada hari selasa-rabu, 20-21 Mei 2014. Di kegiatan ini, digelar lima perlombaan yang mensyaratkan kemampuan Berbahasa arab aktif sebagai modal utamanya. Cabang lomba tersebut meliputi Qiroah Al Syi’ir (membaca puisi),  Khitobah (pidato), Al Ma’lumat(cerdas cermat), Qiro’ah Al Kitab (membaca kitab), dan Al Munadhoroh (debat).
Para peserta yang terdiri dari delegasi mahasiswa PBA semester II, IV, VI mengikutinya dengan antusias. Yang menjadi semangat mereka bukanlah hadiah yang diraih, melainkan semangat menghidupkan dan membiasakan bahasa Arab di kalangan kampus yang berbasis pada pengembangan nilai-nilai pesantren dan Entrepreneurship ini.
Sebagai penanggung jawab dalam lomba ini, Qism Mumarosah (salah satu divisi yang bergerak dalam pembiasaan berbahasa Arab) membagi pelaksanaan lomba menjadi dua hari, hari pertama diisi  Qiroah Al Syi’irAl Ma’lumat, dan Qiro’ah Al Kitab. Dalam lomba memabaca puisi, peserta diwwajibkan untuk membaca puisi yang berbahasa Arab. Puisisnya dibagi menjadi dua kategori; wajib yaitu puisi Qif Bi Al Dumu’ karya Manhajussidad Sonhaji, MA dan satu puisi bebas. Dalam cerdas cermat, pertanyaan berkisar pada pengetahuan keislaman, kampus, pemerintahan, dan tentunya kebahasa Araban. Sementara itu, kitab yang dipakai dalam perlombaan baca kitab adalah Tafsir al Maraghi juz I karya Imam Ahmad Musthafa Al Maraghi. Pada hari selanjutnya adalah lomba khitobah dengan tema pendidikan dan Al Munadhoroh dengan tema Al Bahtsu Al ‘Ilmi Bi Al Lughoh Al Arabiyyah Li Thulabati Jami’ah Mathali’ul Falah Al Islamiyah Qism Ta’lim Al Lughoh Al ‘Arabiyah (Skripsi Berbahasa Arab Bagi Mahasiswa Prodi PBA STAIMAFA).
Rencananya, beberapa pemenang lomba akan diseleksi lagi dan dikirim untuk mengikuti PORSENI (Pekan Olahraga dan Kesenian) di Semarang cabang Qiro’ah Al Kitab September mendatang.
Share To:

Post A Comment: